Foursquare segera gantikan Facebook ?!!

Akhir-akhir ini banyak social networking 'berjamuran' apalagi di tahun 2010 ini, kebanyakan visi mereka adalah dapat menyaingi Facebook, social networking  yang sukses berjaya di tahun 2009 lalu. Dan sedikit diantara social networking sejenis yang di-prediksi dapat 'mengganggu' kejayaan Facebook adalah Foursquare




 Karena didesak rasa penasaran yang teramat menyesakkan (hallaaahh, apa coba, sok pujangga gini...hehe) akhirnya gw coba untuk 'sign up' dan mendaftarkan account baru. Pada awal menu sign up kita akan diminta untuk mengisi form yang sudah disiapkan atau bisa juga memilih meng-import dari account Facebook kita. Nah dari sini sudah mulai terlihat bahwa Foursquare sangat berharap para pengguna Facebook juga mendaftar di Foursquare, dan tidak menutup kemungkinan di akan datang mereka akan mengarahkan pengguna Facebook untuk 'berkhianat' dan pindah ke Foursquare.

Akhirnya gw pilih alternatif kedua yaitu menggunakan account Facebook dan menyelesaikan form pendaftaran. Setelah itu, web akan mengalihkan kita ke halaman berikut:


Sekilas dari menu diatas dapat terbaca sasaran utama user Foursquare adalah mereka yang mobile dan gemar bersosialita di tempat-tempat 'nongkrong' untuk hang out bersama teman-temannya. Ini tergambar dari tersedia nya aplikasi resmi dari Foursquare untuk pengguna handphone iPhone & smartphone. Tapi gw belum menemukan aplikasi khusus Blackberry terbitan resmi dari Foursquare.

Kemudian ada sedikit penjelasan mengenai fitur yang ada di sana, kurang lebih kesimpulan yang gw baca seperti ini:
  • Semakin sering kita 'cek in' di tempat yang kita kunjungi untuk hang out, maka semakin banyak pula point yang kita kumpulkan dan 'membuka'. (membuka disini kemungkinan naik level user kita. hmm kaya main game aja ya.
  • Kemudian ketika kita mendatangi tempat kita 'hang out' kita dapat meng-update 'status' dengan kalimat seolah mempromosikan tempat yang kita kunjungi, contoh: "Go to Mc'D Sarinah, order the Cheese Burger.". 
  • Kurang lebih sementara baru itu yang gw tau, nanti akan di update kembali setelah mencoba semua fitur di Foursquare ini.


lalu, gw coba meng-klik "Get to it!" dan mengisi dengan kata "Mall", hasilnya sudah ada list beberapa Mall yang berdomisili di sekitar Jakarta. Seperti Mall Taman Anggrek, Mall of Indonesia, dsb.


Sementara gitu dulu ya gambaran mengenai Foursquare dari kacamata gw. (tapi gw gak pake kacamata lho...).



Untuk artikel yang lebih detail mengenai Foursquare dapat dibaca pada link dibawah ini:

Comments

Popular Posts