Double Pedal - Double Bass Drum.


Semalam teman telpon minta tolong di-cariin "Double Pedal" yg second, katanya perlu banget entah buat apa (males nanya detail juga, hehe). Akhirnya pasang iklan deh di forum kebanggaan anak bangsa, mana lagi kalo bukan ngakus di FJB KasKus ini link iklannya klik disini  :)

Dan akhirnya rasa penasaran gw memaksa untuk mengarahkan mouse untuk klik om Google dan mulai deh aktifitas browsing dengan keyword "Double Pedal History". Hasilnya 'teramat sangat banyak banget' hasil pencarian, tapi ada beberapa link yang menarik untuk di bahas. Diantaranya sebagai berikut:

  • Sejarah Bass Pedal.
Bass Drum ternyata sudah dipergunakan sejak tahun 1700-an. wow lama banget yaaak...!!! Tapi pada awalnya digunakan pada acara militer, hmm mungkin kalo sekarang lebih dikenal dengan 'Marching Band', dengan di bawa pada depan badan dan di-pukul. Sampai pada tahun 1909, William F. Ludwig menemukan pedal drum pertama dengan bass drum diletakkan dibawah dan satu sisinya menghadap ke arah drummer. Baru pada tahun 1920-an komposisi perangkat drum di-populerkan dan dijual untuk umum yang terdiri dari bass drum, snare drums, rack toms dan floor toms ditambah dengan hi tops dan cymbals.



  • Double Pedal
Ada dua type dari double pedal, yaitu;

- Dua (2) Pedal satu (1) Drum.



- Satu (1) Pedal, satu (1) Drum



- mungkin harusnya ada 1 type lagi,  gw pernah lihat, 2 pedal dan 2 drum. :) yang ini mantap walaupun 'makan' tempat ketika diatas stage.
  •  Legenda Double Bass Drummer.
Louie Bellson

Dia adalah pioneers untuk urusan 'nendang' drum dengan dua pedal ini. Dan dia juga salah satu legenda Jazz. Bellson adalah seorang pelajar musik berbakat pada era 1940-an, dia membuat sketsa pertama nya tentang perangkat musik Drum dengan Double Bass. Sketsa itu membuatnya mendapat peringkat "A". Seperti hal nya pelopor lainnya, sketsa double bass pada drum ini pada awalnya tidak mendapat dukungan dari banyak pihak. Sampai akhirnya usulannya menggunakan 'double bass' di terima dan justru mendapat dukungan & digemari beragam musisi berbagai genre.

Kurang lebih seperti itu lah tentang double pedal / double bass dari hasil sedikit pencarian. Sebenarnya mau nyari beberapa hal lagi seperti spesifikasi, dll. Tapi belum dapat nih info nya, nanti di update lagi aja deh. :)


Sumber informasi:

    Comments

    Popular Posts